Bawah Laut Pasir Putih

Di tengah sibuknya perkulihan yang penat dan bisa dibilang sedikit membosankan tiba-tiba terdengar tawaran untuk berlibur terselubung. Wah apa tanggapan yang seharusnya dilakukan? Kalo saya pribadi pasti sulit untuk berkata “tidak” dan sangat mudah untuk berkata “iya” dengan segala pertimbangan agar tidak mengganggu waktu kuliah. Waktu berliburnya di hari sabtu dan minggu, ketika kesibukan akademik perkuliahan di skip untuk istirahat setelah 5 hari bergeliat di kampus tercinta.

Pada awalnya saya kira hanya berniat untuk berlibur tidak jauh dari kota Surabaya. Ternyata kata-kata ajakan dari Bpk. Farid berupa liburan di Pasir Putih Situbondo sekaligus untuk melihat keindahan bawah lautnya, tawaran itu membuat saya tidak hanya senang lagi berkata “iya”, tetapi ditambah sangat senang. Sungguh sangat penasaran, berangan-angan, dan tidak sabar untuk segera berangkat.

Di hari pra keberangkatan semua persiapan sudah disiapkan. Snorkel, masker, fins sudah disiapkan terlebih dulu karena tujuan awal untuk melihat keindahan bawah lautnya. Selanjutnya tinggal persiapan kebutuhan primer alias baju ganti, dan logistik. Semua persiapan sudah masuk ke dalam tas dan resleting back pack sudah fixs untuk ditutup. Tinggal menunggu waktu untuk berangkat dan tidur di dalam kendaraan. Alhasil berangkat dari surabaya pukul 01.00 malam dengan menumpangi Bus malam jurusan Probolinggo, karena sudah tidak ada Bus yang langsung sampai ke tujuan Situbondo akibat waktu sudah terlalu malam. Karena tekat sudah bulat dan berkobar kayak pemuda Surabaya di tragedi 10 Nopember tidak menghiraukan semua halangan yang ada di depan mata, “pokoknya budal” semboyan saat itu.

Sampai di lokasi pukul 06.00 dengan teguran dari Pak Farid akibat dengkuran tidur saya yang sangat keras. “Hehehe, maaf” kata yang bisa saya ucapkan saat itu. Akhirnya memutuskan untuk beristirahat di rumah Bpk. Harno sekaligus silaturahmi kepada bapak yang ikut ambil bagian sebagai pembimbing teman-teman untuk sertifikasi selam. Sampai di lokasi rumahnya terlihat ruberboat yang lama tidak digunakan dan peralatan diving lengkap dengan berbagai ukuran. Pemandangan yang sungguh menggoda untuk mencicipinya segera.

Hidangan kopi dan sarapan sudah lewat melalui tenggorokan, cuci mulut onde-onde pun sudah lenyap di meja yang di sajikan istri Bpk. Harno. Perut sudah terisi, mulut sudah tercuci, sekarang saatnya untuk berangkat ke lokasi yang kebetulan tidak jauh dari rumah beliau. Motor di starter, tarik gas, dan berangkat maann.

Sesampai dilokasi saya sudah siap menaiki perahu untuk ke tengah laut melihat keindahan life form di pantai Pasir Putih Situbondo. Sesampai di tengah-tengah ternyata tidak hanya melihat keindahan dengan snorkel yang didapat, tapi sekaligus diving. Sungguh sangar, materi teknik menyelam saja belum dapat. Hanya bermodalkan sedikir materi dan cara menggunakan alat saya sudah di suruh turun. Begitu turun di kedalaman 3 meter rapatnya tutupan karang, dan warna-warni ikan karang menghiasi dasar laut menambah warna hidup saya saat itu.

Sungguh indah bila melihat ikan-ikan yang bertaburan di laut, kuasa tuhan lah yang hanya menciptakan hal ini. Dengan ditemani Ikan Famili Pomacanthidae, Scrombidae, Chaetodontidae, Scaridae, Amphiprioninae yang tidak bisa jauh dari Anemon saya berkeliling kesana kemari sembari menunggu oksigen dalam tabung habis. Masih banyak biota laut yang sangat indah bertaburan dan bersembunyi di balik lebatnya Acropora Branching membuat penasaran untuk melihatnya. Sini-sini jangan malu-malu, cuman mau photo bareng doang.

Semakin dalam kedalaman dan semakin gelap pula membuat saya seperti memasuki dunia baru. Dengan rasa penasaran mencoba untuk ekualisasi dan masuk ke dunia yang menyembunyikan keindahannya tersebut. Glug-glug, eh isi tabungnya habis, terpaksa harus mentas akibat panggilan alami menandakan akhir perjalanan bawah air di hari ini dan lanjut untuk besoknya lagi.

Iklan

Posted on September 21, 2011, in Karangan Bebas. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: