Chaetodontidae (butterflyfish)

Ikan yang berasal dari family Chaetodontidae atau biasa disebut Butterflyfish atau ikan Kupu-kupu, tetapi masyarakat lokal di Indonesia kebanyakan menyebutnya ikan Kepe-kepe. Butterflyfish terlihat seperti versi kecilnya dari angelfish (Pomacanthidae), hanya saja pada Butterflyfish (Chaetodontidae) tidak memiliki sebuah tulang berbentuk bumerang yang ujung-ujungnya membentuk margin posterior dan lebih rendah dari daerah ingsang (preopercle) yang membentuk seperti duri dan bentuk tubuh yang sedikit membulat seperti kupu-kupu.

Ukuran tubuh family Chaetodontidae berkisar rata-rata sebesar telapak tangan orang dewasa dengan bentuk yang lebar tetapi pipih. Tubuhnya dihiasi oleh beragam corak dan warna yang mencolok dan indah, membuat family dari ikan ini banyak yang menggemarinya untuk dipelihara di akuarium.  Chaetodontidae merupakan anggota keluarga yang mudah di identifikasi dari family lainnya karena corak dan warnanya yang khas, meskipun corak warnanya yang indah dan warna-warni cenderung membuat sedikit mirip dengan Famili Pomacanthidae.

Butterflyfishes (Chaetodontidae) biasanya pergi sendirian atau berpasangan, berenang menggunakan penglihatan yang tajam untuk mecari cacing-cacing kecil, polip terbuka dan invertebrate laut lainnya. Ikan yang memiliki corak berwarna-warni ini menghabiskan siang harinya melayang di atas terumbu karang. Meskipun sebagian besar spesies hanya mendiami terumbu karang untuk makan plankton yang melayang dan bersembunyi. Umumnya berada pada perairan kurang dari 18 meter meskipun beberapa spesies turun sampai kedalaman 180 meter.

Untuk membedakan antar spesies pada family ini memang cukup membingungkan, meskipun terdapat perbedaan bentuk tubuh yang sangat menonjol pada beberapa genus. Kita harus lebih teliti dan memperhatikan corak pada tubuhnya.

Beberapa genus dari famili Chaetodontidae yang memiliki bentuk tubuh yang berbeda

     
Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Actinopterygii

Order: Perciformes

Family: Chaetodontidae

Genus: Forcipiger

Species: F. longirostris

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Actinopterygii

Order: Perciformes

Family: Chaetodontidae

Genus: Chaetodon

Species: C. vagabundus

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Actinopterygii

Order: Perciformes

Family: Chaetodontidae

Genus: Heniochus

Species: H. diphreutes

Meskipun pada genus atau family ikan ini cukup mudah untuk di bedakan dengan family lain, tetapi untuk membedakan antar spesies tersebut kita harus lebih teliti lagi. Karena terdapat beberapa spesies yang hampir mirip jika kita lihat secara singkat atau kurang teliti.

                         C. trifasciatus                                                        C. lunulatus

                        C. melannotus                                                          C. ocellicaudus

Contoh perbedaan antar spesies family Chaetodontidae yang sangat mengecoh jika kita tidak memperhatikan coraknya dengan seksama, berpedaannya sangatlah tipis. Sepintas spesies ini terlihat sama jika kita tidak teliti. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 45 spesies ikan dari family Chaetodontidae, dan di Asia Tenggara terdapat kurang lebih 60 spesies. Seperti namanya ikan kupu-kupu yang sama sulitnya dengan identifikasi kupu-kupu sungguhan, hanya saja yang satu ini bedanya adalah Phylum Chordata bukan Arthropoda.

Iklan

Posted on September 24, 2011, in Karangan Bebas, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: