Sedikit cerita kupu-kupu kampus

Siapa bilang di kampus ITS Surabaya hanya ada burung? Di kampus yang dulu mayoritas mahasiswanya laki-laki ini selain burung sekarang juga di imbangi dengan adanya kupu-kupu loh. Kupu-kupu yang saya sebutkan bukan kupu-kupu malam ya :D. Tetapi saat ini belum semua jenis kupu-kupu di kampus ITS ini tereksplore dan terdokumentasikan, mungkin karena minat akan kupu-kupu tersebut jarang dimiliki oleh mahasiswa khususnya salah satu jurusan di ITS yang hanya mempelajari makhluk hidup.

Sama halnya dengan organisme lain, kupu-kupu juga penyusun ekosistem suatu lingkungan. Jadi keberadaan kupu-kupu maupun ulat yang merupakan masa muda dari kupu-kupu tersebut juga harus dijaga. Bukan berarti jika ada ulat maka harus dibasmi secara besar-besaran bukan malah mengendalikan meledaknya populasi tersebut. Jika ulat tersebut dibasmi sehingga habis, apa ada kupu-kupu dari jenis itu yang akan ada. Tuhan menciptakan makhluk hidup pasti beserta fungsi(berguna).

Saya sedikit mulai mencoba mengeksplore kupu-kupu (Lepidoptera) yang berada di wilayah kampus ITS Surabaya ini. Alhasil ketika jalan-jalan pagi yang saya lakukan demi mengisi waktu luang akhirnya menemukan baru beberapa spesies. Untuk sekali jalan-jalan pagi dan saat itu tujuan saya yang sesungguhnya untuk pengamatan burung jumlah yang saya dapatkan ini cukup bagi saya dengan lain waktu dilanjutkan kembali pencarian kupu-kupu yang terpendam di wilayah kampus ITS Surabaya. Berikut gambar yang saya dapatkan ketika hanya sekali berjalan-jalan pagi di kampus ITS Surabaya.

 

Posted on April 2, 2012, in Karangan Bebas, Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

